Selamat datang di "Timur-Bitatu", jangan lupa folLow blog saya..

Rabu, 15 Desember 2010

apakah statistika itu penting?

Pada era reformasi saat ini, informasi semakin dibutuhkan oleh semua umat manusia, karena dengan informasi manusia dapat menyelesaikan suatu pekerjaan .Informasi data diperlukan dalam banyak hal dalam banyak lembaga seperti lembaga penelitian, bisnis, industri, sosial ataupun lembaga-lembaga lainnya.
Pengembangan statistika didukung oleh pengembangan teknologi informasi dengan perangkat lunak statistika berupa paket statistika dalam personal komputer.Penggunaan statistika dalam dunia industri meningkat secara cepat terutama dipicu dengan dikeluarkannya sistem kualitas.
Semua informasi berkenaan dengan data, sedangkan statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, itulah mengapa statistika diperlukan. jadi, dengan begitu,statistika juga memiliki peranan penting dalam menyokong perkembangan ilmu pengetahuan lainnya. Itulah mungkin kenapa, statistika juga diajarkan di jurusan2, yg kelihatannya gak ada hubungannya dengan statistika. Statistika menjadi sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan ,termasuk ilmu-ilmu alam dan ilmu-ilmu sosial (seperti biologi dan sosiologi). Seperti pada proses sensus penduduk statistika diperlukan atau dalam perhitungan cepat pemilu yang sekarang ini sering diterapkan.

Pengertian statistika
Saat mendengar kata statistika apa yang pertama kali kita pikirkan ?Data ! Mungkin itu yang terfikir diotak kita.Yaa karena statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data. Dari sekumpulan data statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan suatu data. Jadi Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis dan mempresentasikan suatu data yang diambil dari suatu fakta.
Seperti pengertian statistika yang disajikan dalam Undang-Undang Nomor 16 tahun 1997, mengamanatkan bahwa, statistika adalah sangat penting artinya bagi perencanaan, pelaksanaan, pemantauan,dan evaluasi penyelenggaraan berbagai kegiatan di segenap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam pembangunan nasional. Itu artinya jika ada kekeliruan atau ketidakakuratan datadalam penyajian data statistika akan sangat bisa beresiko tinggi dalam pembangunan nasional.
Pesatnya arus informasi via internet yang dapat diakses oleh semua orang dan dapat diakses setiap saat, menyebabkan dunia tanpa sekat, dan seolah-olah tak ada lagi celah sedikitpun untuk menyembunyikan suatu informasi.

2 komentar:

  1. assalamu'alaikum.

    maaf sekedar bertanya, apa yang di maksud dengan statistika, apakah ia semacam bentuk lain dari matematika?? atukah gimana???

    Boecah Lawu

    BalasHapus
  2. @boecah
    mav baru bisa jawab ,
    jadi matematika dengan statistika jelas beda, jadi matematika bukan bentuk lain dari statistika..
    Statistika merupakan suatu ilmu yang mempelajri bagaimana merencanakan, mengolah, mengintepretasikan, mempresentasikan suatu data,
    nahh datanya sendiri dinamakan statistik.sedangkan matematika secara umum ituu ditegaskan sebagai penelitian pola dari struktur, perubahan dan ruang. Matematika juga dapat didefinisikan sebagai penelitian bilangan dan angka.
    jadii, statistika itu lebih cenderung pada penerapannya..

    bagaimana?cukup jelas?
    L

    BalasHapus

omonganmu . .

TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI TIMUR-BITATU